Jumat, 02 Maret 2012

Srikaya memang "Kaya" manfaat.....

Srikaya atau dalam bahasa latinnya Annona squamosa, tak kalah nikmat di banding buah - buahan lainnya. Buah yang masih satu keluarga dengan buah sirsak ini mempunyai rasa yang manis dan menggoda lidah tentunya kalau sudah matang. Bentuknya pun cukup unik, hampir mirip kayak sarang lebah yang menggantung. Kenapa yak di kasih nama srikaya, apa memang buah ini kaya manfat? Ternyata memang iya, coba deh di simak.

Buahnya tentu memberikan kenikmatan tersendiri saat di makan, dalam buah srikaya terkandung asam amino, gula buah dan mucilago. Sementara bijinya bermanfaat memacu enzim pencernaan, abortivum dan pembunuh serangga. Daun dari buah srikaya berkhasiat sebagai anti radang, peluruh cacing usus serta mempercepat pemasakan bisul. Dan akar pohonnya bisa berkhasiat sebagai anti depresi.


Berikut pemanfaatan dari buah srikaya :

• Mengatasi gangguan Pencernaan
Bagian yang di gunakan adalah daunnya, haluskan daun srikaya segar yang sudah di cuci bersih lalu tambahkan minyak kelapa secukupnya dan di tempelkan pada perut beberapa saat.

• Mengobati Diare
Bagian yang di gunakan adalah kulit batang, cuci kulit batang sebanyak 6-10 g lalu di potong kecil - kecil dan rebus dengan 4 gelas air di tambah gula merah secukupnya. Rebus hingga air tinggal setengahnya. Dinginkan dan minum 2x sehari masing - masing 1 gelas.

• Mengobati Cacingan Pada Anak
Bagian yang di gunakan adalah daunnya, cuci 15 lembar daun segar, lalu rebus dengan 5 gelas air sampai airnya tinggal sekitar 3 gelas. Saring dan minum 3x sehari masing - masing 1 gelas setelah dingin.

• Mengobati Bisul
Bagian yang di gunakan adalah daunnya, haluskan daun segar secukupnya dan tambahkan sedikit garam. Lalu tempelkan di bisul dan balut, ganti 2-3x dalam sehari.

• Mengobati Kudis
Bagian yang di gunakan adalah daunnya, cuci 15 lembar daun segar dan haluskan. Campur dengan air yang udah di kasi kapur sirih sebanyak 1 sendok teh, lalu gunakan untuk menggosok kulit yang terkena kudis 2x sehari.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar